Selamat berbelanja, Login

Desain Kemasan Plastik Makanan Dan Minuman

26 Feb 2016 Tips dan Trik

Desain kemasan plastik makanan dan minuman dirancang semakin kompetitif untuk dapat bersaing di kerumunan rak penjualan. Sebagai biro design yang bergerak dalam bidang pembuatan design packaging kemasan plastik dan desain produk kue, kami sadar pentingnya desain akan memberkan dapat positifi terhadap penjualan. Jasa desain kami yang selama ini dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan yang memproduksi kemasan permen, kopi, teh, lada, kue, makanan ringan / snack, label minuman, dan banyak lagi produk lainnya paham akan urgensi tersebut.

Desain kemasan plastik yang banyak dipakai masyarakat umum seringkali hanya sebatas memperhitungkan segi ekonomis. Asal murah dan dapat digunakan untuk mengemas, cukup. Sesungguhnya bisnis yang demikian menjadi kurang berpotensi untuk berkembang dengan lebih cepat. Beberapa kali survey juga sudah dilakukan untuk meneliti hal tersebut. Biar kita tidak bingung, kita dapat memeriksa contoh kasus yang dapat kita lihat sehari-hari. Kita bandingkan kemasan kopi yang masih dibungkus plastik bening dengan label satu warna yang rasanya juga padahal lumayan. Tidak berkembang layaknya kopi semerbak yangkini semakin trend itu. Biasanya kemasan UKM dengan biaya produksi minim kurang memperhitungkan segi desain kemasan ini dan itu berbahaya bagi bisnis tersebut.

Mungkin Anda akan tertarik juga dengan :

  1. Desain Kemasan Kue
  2. Desain Kemasan Kopi
  3. 10 Contoh Kemasan Makanan
  4. Perluasan Merek Melalui Kemasan
  5. Pentingnya Desain Kemasan sebagai Alat Pemasaran

Makanan dan minuman yang dikemas secara lebih baik membuat produk tersebut tahan lama, sehingga masa kadaluarnya menjadi lebih panjang. Selain itu, makanan yang dikemas menggunakan desain yang lebih baik akan lebih menarik konsumen untuk membelinya. Desain kemasan adalah alat terakhir pemasaran dalm beriklan. Begitu pula kemasan yang dirancang efektif dapat mempermudah konsumen dalam membawa dan menyimpannya.

Kemasan dirancang dengan tidak meninggalkan ciri khas dan unsur-unsur yang ada pada produk yang diwakilinya, berutjuan agar konsumen merasa aman dan nyaman bahwa produk yang dibelinya merupakan produk yang dia inginkan, tidak salah isi. Sebagai contoh, kemasan kue sebaiknya menampilkan produk kue yang ada didalamnya dan jika memungkinkan disediakan area transparan agar isi dapat terlihat oleh konsumen.

Kemasan bukan hanya sekedar bungkus namun juga pelengkap rumah tangga, sebuah botol saus yang bagus dengan etiket menarik dapat menyemarakkan suasana di meja makan. Sebuah tas kemasan plastik “Hero" kini berubah fungsi sebagai ajang pamer ibu-ibu rumah tangga bahwa dia pernah beli di sana. Kemasan makanan masa kini yang dibuat multi fungsi sebagai take away dapat menjadi sarana pemasan yang kuat, bahkan dikoleksi.

Berikut adalah beberapa fungsi kemasan

  1. Kualitas kemasan dapat menumbuhkan kepercayaan pembeli bahwa produk yang diwakilinya adalah produk yang berkualitas.
  2. Membangun citra perusahaan, seringkali produk kemasan menyertakan identitas perusahaan dalam berbagai bentuk seperti warna, logo dan komunikasi pesan.
  3. Mempengaruhi calon pembeli untuk menetaphkan pilihan terhadap produk yang dikemasnya. Jika disandingkan dua desain kemasan yang bagus (warna cerah, bentuk unik) dan satunya jelek (warna kuram, bentuk biasa,) untuk produk yang baru dikenal oleh konsumen biasanya akan dipili desain yang lebih baik.
  4. Tampak luar kemasan akan menimbulkan kesan yang benar tentang isi barang yang dikemas didalamnya.
  5. Mudah didistribusikan, tahukah Anda seberapa ribet distribusi sutu produk. Dia dari parbik akan dimasukkan ke gudang kemudian diserahkan ke distributor masuk ke gudang lagi. Selanjutnya akan dikirim ke pengecer yang juga akan masuk gudang. Terakhir dia akan diletakkan ke rak etalase penjualan. Dari serangkaian proses tersebut menuntut kemasan harus mudah didistribusikan melalui bahan yang tepat dan bentuk yang memungkinkan tidak menghabiskan tempat. Sama halnya dengan produk yang dibawa pulang, kemasan yang didesains cara tepat dan efektif tidak lagi membutuhkan tas jinjing yang pada akhirnya menambah biaya produksi.
  6. Sebagai alat promosi terakhir, selalu kami singgung masalah ini karena itu terjadi dan bahkan Anda sendiri mengalami. Jejeran produk sejenis di rak penjualan akan saling berteriak “belilah aku". Dia yang paling lantang akan didengar konsumen baru. Kami menuliskan konsumen baru karena jika konsumen sudah loyal pada suatu produk dia akan sulit berpaling. Misal dari rumah saya ingin beli snack rasa jagung. Jika dia sudah loyal pada suatu produk biasanya enggan untuk berpaling. Jika dia masih ingung apa yang dicari disitulan peran desain kemasan diandalkan. Lebih dari 10% orang masuk di swalayan tahu akan beli apa saja. Itu adalah sasaran yang dicari. Ahli pemasar menyatakan dengan memenangkan 10% dari pasaran anda akan menjadi pemain utama ceruk pasar / market nicher.

Di tahun 80-an 90-an desainer prihatin tentang desain Struktural kemasan, desain grafis untuk masalah kemasan, Kesehatan, Keselamatan dan lingkungan, Refulasi ligkungan dan sistem pelabelan. Mereka menggunakan desain mereka sebagai alat komunikasi. Dalam posting ini kami sajikan beberapa designs.

Posting ini menyajikan ide-ide cerdas dan inovatif dari beberapa produsen perusahaan dan ukm di seluruh dunia. Berikut adalah 10 Contoh Contoh kemasan plastik yang unik, lucu dan kreatif untuk inspirasi Anda.

Kita sering diajarkan untuk tidak menilai buku dari sampulnya, tapi dalam keindahannya penjualan seringkali kulit luarnya. Meskipun tujuan kemasan ritel modern adalah untuk mendorong pembeli potensial untuk membeli produk, paket pintar juga bisa menjadi sumber inspirasi. Desain kemasan plastik diatas dapat Anda jadikan ide desain kemasan yang inovatif dan kreatif yang diambil berbagai sumber di seluruh dunia.

Pertimbangkan melepaskan diri dari label kemasan generik dan berinovasi dengan kreatif memanfaatkan kemasan untuk menekankan penggunaan produksi Anda. Anda mungkin tidak memiliki anggaran atau visibilitas merek yang lebih besar, tapi Anda masih dapat menangkap perhatian pelanggan dan menciptakan buzz dengan produk Anda.

Kesan pertama membuat semua perbedaan, terutama membutuhkan waktu cepat ketika semua orang terlalu sibuk untuk mengambil langkah mundur untuk menunggu dan melihat. Tapi apa jenis desain akan mengesankan konsumen? Dalam gambar-gambar contoh desain kemasan plastik di atas khusus kami sajikan untuk menunjukkan beberapa kemungkinan jawaban atas kebingunan Anda mencari ide desain kemasan yang luar biasa.

Media Desain Kemasan Plastik

  1. Stand pouch full plastik
  2. Alumunium foil kombinasi
  3. Plastik CPP Cast Polypropylene
  4. Plastik LDPE Low Density Polyethylene
  5. Plastik OPP Oriented Polystyrene
  6. Plastik HDPE High Density Poly Ethelene
  7. Plastik PE PolyEthelene
  8. Elaslic molding
  9. Plastik Polypropylene PP
  10. Plastik mika
  11. Plastik fleksibel
  12. Kemasan plastik snack
  13. Kemasan ramah lingkungan

Sebuah desain kemasan adalah komponen penting dalam pemasaran karena itu adalah kemasan yang membuatnya menonjol dari yang lain ketika konsumen memilih produk dari rak. Jadi Anda mungkin tahu sekarang bahwa desain yang mengesankan menarik pelanggan, namun desain ini mengesankan sebagian besar karena sedikit modifikasi dari apa yang telah ada selama bertahun-tahun. Begitulah cara kerjanya – Anda tidak harus membuat hal-hal yang mengesankan dengan menciptakan sesuatu yang baru, melainkan fokus sepenuhnya pada elemen yang akan bersinar di depan mata pelanggan dan memicu perasaan mereka.